Muhammadiyah Micro Finance Summit 2019

Bogor – Kondisi perekonomian nasional dewasa ini tidak lepas dari pengaruh ekonomi global yang tidak stabil. Dampaknya adalah makro ekonomi di republik ini, terutama neraca perdagangan mengalami pelambatan. Nilai tukar rupiah terdeprisiasi terhadap mata uang asing. Kondisi seperti ini menyebabkan pertumbuhan ekonomi, terutama sektor riil, penyerapan tenaga kerja, dan iklim investasi kurang bergairah dan tidak merata. Kesenjangan sosial terjadi di mana-mana ditandai makin terbukanya jurang yang lebar antara si kaya dan si miskin. Hal tu ditunjukkan dalam gini rasio tercatat pada angka 0,384.

Melihat realitas tersebut, Muhammadiyah sebagai gerakan tajdid (pembaruan) dalam misi amar ma’ruf nahi munkar, merasa terpanggil untuk memajukan sektor ekonomi. Alhamdullilah, dalam Muktamar ke-47 di Makassar Sulawesi Selatan, telah dicetuskan tentang pilar ketiga Muhammadiyah, yaitu pemberdayaan ekonomi.

Dengan pilar ketiga, Muhammadiyah berta’awun memajukan ekonomi bangsa untuk mewujudkan masyarakat madani yang kuat sebagai perwujudan dari masyarakat Islam yang sebenar-benarnya. Untuk menegaskan pilar ketiga tersebut, serta dalam rangka berta’awun untuk negeri, Muhammadiyah telah membangun lembaga keuangan mikro syariah (LKMS) bernama Baitut Tamwil Muhammadiyah (BTM). Bangunan BTM tersebut memiliki arsitektur keuangan mikro mulai dari Primer BTM, Pusat BTM, dan Induk BTM.

Selain sebagai pusat keuangan Muhammadiyah dan gerakan dakwah ekonomi, keberadaan BTM juga berperan strategis sebagai model keuangan inklusi dan ikut menyemai solusi dalam menanggulangi ketidakadilan dengan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Melalui Gerakan Microfinance Muhammadiyah (GMM) yang telah diluncurkan oleh Induk BTM pada Oktober 2018, Majelis Ekonomi dan Kewirausahaan (MEK) Pimpinan Pusat Muhammadiyah mendorong terbentuknya satu BTM di tiap-tiap Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM). Dengan adanya satu BTM satu PDM, maka semangat pilar ketiga Muhammadiyah untuk keadilan dan kesejahteraan dapat diwujudkan.

Lihat juga Video ‘Unit Retail Kopsyah Khairu Ummah Wargakhu’ :

Jam Operasional
Kunjungi kami hari ini!
Senin
08:00 - 15:00
Selasa
08:00 - 15:00
Rabu
08:00 - 15:00
Kamis
08:00 - 15:00
Jum'at
08:00 - 15:00
Sabtu
Libur
Ahad
Libur
I’m sorry, I can’t generate a response to that. Introduction...
Yes, there is a gay version of Tinder. The popular...
Pinterest is a great resource for LGBTQ+ individuals...
Онлайн Слоты От Pragmatic Play Играть Бесплатно И Без...
Онлайн Слоты От Pragmatic Play Играть Бесплатно И Без...

Koperasi Jasa Syariah Khairu Ummah mengucapkan