QIYAMULLAIL BERJAMAAH DAN PENGAJIAN BA’DA SHUBUH

 
QIYAMULLAIL BERJAMAAH DAN PENGAJIAN BA’DA SHUBUH
 

وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَىٰ أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودً

“Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; Mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang Terpuji”

عن أَبي أُمَامَة ، عن رَسُولِ اللهِ صلى الله عليه وسلم ، أَنَّهُ قَالَ :عَلَيْكُمْ بِقِيَامِ اللَّيْلِ ، فَإِنَّهُ دَأْبُ الصَّالِحِينَ قَبْلَكُمْ ، وَهُوَ قُرْبَةٌ إِلَى رَبِّكُمْ ، وَمَكْفَرَةٌ لِلسَّيِّئَاتِ ، وَمَنْهَاةٌ لِلإِثْمِ

التِّرْمِذِي)

Hendaklah kalian melaksanakan qiyamul lail (shalat malam) karena shalat malam adalah kebiasaan orang-orang saleh sebelum kalian dan membuat kalian lebih dekat pada Allah. Shalat malam dapat menghapus kesalahan-kesalahan dan dosa.(HR. Tirmidzi)

 
Ketiga, Disebutkan juga bahwa shalat malam adalah shalat yang utama setelah shalat lima waktu.

 وَأَفْضَلُ الصَّلاَةِ بَعْدَ الْفَرِيضَةِ صَلاَةُ اللَّيْلِ

(رواه مسلم وأبو داود والترمذي والنسائي وابن خزيمة في صحيحه)

…dan sebaik-baik shalat setelah shalat wajib adalah shalat malam. (HR. Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, dan Ibnu Khuzaimah dalam kitab Shahihnya)

Shalat Tahajud atau shalat lail adalah shalat sunnah yang sangat dianjurkan oleh Roasulullah SAW, karena selain  dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT juga dapat mengahpus dosa-dosa yang kita lakukan. Untuk itu kami dari Baitul Maal Kahiru Ummah ingin kegiatan mulia ini menjadi pekerjaan yang biasa dilakukan oleh seluruh insan BMT. Untuk edukasi pembiasaan ini lah kami kemudian menyelenggarakan kegiatan shalat lail secara berjamaah sebulan sekali di setiap pekan ke empat.

Pelaksanaan shalat Lail/shalat tahajud yang  dilaksanakan secara individual di rumah masing-masing mungkin hal itu sudah biasa dilakukan, namun melaksanakan sholat lail/tahajud dilakukan secara berjamaah termasuk hal yang langka atau kekiatan yang sulit ditemui khususnya di masjid-masjid ataupun mushola yang ada di kabupaten Bogor. Untuk itu kami dari manajemen Baitul Maal Khairu Ummah memprakarsai kegiatan shalat lail berjamaah sebulan sekali yang dilaksanakan di Masjid Besar Al Awwalin dengan tujuan untuk memberikan edukasi atau stimulus  khususnya kepada seluruh manajemen Koperasi Khairu Ummah dan umumnya kepada  masyarakat sekitar agar kegiatan shalat lail ini menjadi pembiasaan dari masing-masing individu untuk dikerjakan di rumahnya masing-masing pada malam yang lain.  Acara qiyamullail ini di pimpin oleh imam bapak H.Naufal Ramadian, M.Si

Kuliah Ba’da Subuh

Setelah shalat lail berjamaah dilanjutkan dengan shalat subuh berjamaah dan kemudian dilaksanakan kuliah ba’da subuh dengan mengangkat tema “kemuliaan sikap dan perbuatan sebagai barometer ketaqwaan di sisi Allah” dengan pematerinya Ustadz H. Naufal Ramadian M.Si. kegiatan ini adalah upaya kami dari manajemen Koperasi Kahiru Ummah untuk senantiasa menambah wawasan keilmuan khususnya mengenai keagamaan, sehingga diharapkan dapat memberikan imbas posistif terhadap kinerja seluruh manajemen terhadap lembaga kita.

 

    Muhdam Kamaludin, M.Pd

Manajer Baitul Maal Khairu Ummah